Dunia Kartun

Jujur, diantara kalian semua siapa yang masih suka nonton kartun ? Siapa sih yang gak mengenalnya, sebuah animasi hidup yang sering bercerita tentang kejadian sehari-hari dan terkadang ada juga yang membahas tentang kekuatan super. Oh iya kartun disini saya juga mengindikasikan anime, jadi jangan diperdebatkan antara anime dengan kartun karena menurut saya sama aja. Saya sendiri termasuk salah satu orang yang menyukai dunia kartun, sudah banyak judul-judul kartun yang sudah saya lewati, mulai dari yang jadul hingga saat ini. Cuman entah mengapa saat ini kartun sudah sangat sulit didapatkan dari stasiun televisa di rumah, mereka lebih sering menayangkan drama, acara gosip, dan yang sebagainya. Mungkin kalau kalian ingat sekitar tahun 2000an khususnya di hari minggu banyak sekali kartun-kartun yang menghiasi layar kaca, mulai dari pagi hingga malam hari namun kenapa saat ini hampir tidak ada kartun yang tayang di televisi saat ini ? Menurut saya ada beberapa hal yang menyebabkan ini
  1. Lisensi atau ijin penayangan sebuah kartun tuh mahal, bisa dilihat sendiri dari biaya produksi sebuah anime itu budgetnya sangat luar biasa.
  2. Masih anehnya lembaga sensor di Indonesia, gak sedikit loh kartun yang tidak lolos sensor. Seperti yang kita tahu sensor di televisi sangatlah aneh, rokok, belahan dada, adegan mukul, minuman keras saja di sensor sudah begitu bagus kalau misalkan sensornya rapih kadang-kadang tau sendiri.
  3. Anggapan kartun gak baik buat anak, terkadang banyak sekali orang-orang yang menanggapi kartun tuh gak bagus buat anak-anak. Sebenarnya harus dilihat dulu kepada siapa kartun itu ditujukan karena tidak semua kartun itu untuk anak-anak ada yang untuk remaja hingga dewasa, dan kartun itu bukan hanya untuk anak-anak.
Lalu, alasan saya sendiri sampai saat ini kenapa saya menyukainya, jujur karena saat ini tidak ada tayangan yang menarik jadi daripada saya terjebak di dunia yang tidak benar lebih baik saya pergi ke dunia kartun, walaupun terkadang banyak orang yang menganggap saya sebagai anak kecil karena sampai saat ini masih menonton kartun. Selain itu juga, dunia kartun itu penuh warna, segala hal bisa terjadi yang membuat saya menjadi lebih berimajinasi karena banyak hal-hal yang tidak mungkin terjadi disana, contohnya saja seperti di Tom & Jerry pasti kalian tahu kan adegan saat tom memukul jerry dan si jerry tidak mati melainkan hanya gepeng, lalu Popeye yang setelah memakan bayam tiba-tiba menjadi kuat.
kartun popeye

tom & jerry

Kartun sendiri di Indonesia sangatlah identin dengan negara "Jepang" karena banyak sekali kartun-kartun dari sana dulu ditayangkan di Indonesia. Biasanya sih kartun yang dari Jepang disebut dengan "Anime". Namun jangan salah sangka, sebenernya Indonesia juga banyak animasi-animasi kartun yang sudah pernah dibuat oleh anak muda Indonesia hanya saja mereka mereka kebanyakan tidak dihargai di negara mereka sendiri. Namun jangan putus asa kita masih bisa menonton animasi kartun buatan Indonesia, berikut beberapa diantaranya :
  1. Adit & Sopo Jarwo
    Adit dan sopo jarwo
  2. Keluarga Somat
  3. Hebring
    Hebring
  4. Si Entong
    Si Entong Animation
    ratingtop.com
  5. Battle Of Surabaya (Bioskop)
    Battle Of Surabaya
Lalu bagaimana dengan kalian, kartun apa yang paling kalian suka ?
Jika ingin menggunakann atau mengcopy, sertakanlah nama sang pembuat karya dan blog sastra-diary.blogspot.com

4 comments

Iya, Indonesia memang sudah bisa membuat kartun, tapi masib belum bisa bikin cerita bagus sih. Hehe.. gak apa2.. besok pasti ide ceritanya bagus, berbobot berkualitas seperti yg lain. :) kita dukung karya anak bangsa!

Menurut saya sih ada beberapa yang bagus, biasanya kartun Indonesia tuh tentang sehari-hari tapi ya ada juga yang lebay :)

Beberapa perkembangan kartun dalam negeri emang lagi bagus-bagusnya nih. Apalagi adanya Kratoon, si Hebring kocak banget ih

Hamtaro
Larva
Doraemon

itu masih gw tonton sampe sekarang
umur udah 19 tahun
tp tetep suka itu

keren nih postingannya (y)

mampir + komen balik gan

http://ekienglandmuse.blogspot.co.id/

salam kenal

=> Gunakanlah selalu bahasa yang sopan
=> Dilarang Spam
=> Dilarang meninggalkan link aktif
=> Usahakan tidak Anonymous
=> Sebarkan Jika Suka :)